Berita

SISWA SD NEGERI GEDONGKIWO JUARA LOMBA BERCERITA TINGKAT NASIONAL 2018

Senin, 08 Oktober 2018 14:47:12   Darmawan Tiyang Jogja   PRESTASI   63

Luar biasa. Mungkin kata itulah yang tepat untuk menggambarkan bagaimana hebatnya perwakilan dari DIY yaitu Rr. Nadia Marfath Khairunnisa siswi kelas 6B SDN Gedongkiwo Kota Yogyakarta yang berhasil mempertahankan DIY kembali menjadi Juara 1 Lomba Bercerita antar SD/MI Tingkat Nasional yang diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut di Hotel Orchardz Jakarta tanggal 3-7 September 2018. Bagaimana tidak, ada 34 siswa SD perwakilan dari 34 propinsi yang sudah tentu mereka adalah yang terbaik di propinsi mereka masing-masing. Namun kemudian Nadialah yang berhak menyandang yang terbaik.

Di dampingi oleh kedua orang tuanya Pak Bowo dan Bu Rini serta ibu Aryanti Stein sebagai pelatih, Nadia berlatih seminggu 3 kali, hari Senin berlatih di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Yogyakarta, hari Rabu di BPAD DIY, dan hari Minggu di lembah UGM. Cerita yang di bawakan berjudul Mbok Randa Bintara dan Lurah Cakrajaya dan Asal Mula Terjadinya Kedung Bolong.

Tahun 2017 Nadia sudah mengikuti lomba bercerita ini tetapi kalah hanya menjadi juara harapan 1 di tingkat Kota Yogyakarta, sehingga ketika ada kesempatan berlomba lagi 2018, Nadia berusaha dengan sungguh-sungguh dan akhirnya Nadia bisa berhasil menjadi Juara 1 Lomba Bercerita Tingkat Nasional 2018.

Di ceritakan oleh ibunya, memang Nadia sejak TK sudah terlihat bakatnya, karena sudah menjadi Juara 3 lomba membaca cerita tingkat TK se DIY. Setelah masuk SD, bakat itu semakin berkembang hingga akhirnya sampai saat ini sudah lebih dari 28 piala menghiasi ruang belajarnya. Di antaranya menjadi juara II Mendongeng Tingkat Nasional dengan Tema Hutan yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhutanan pada bulan Febuari 2018. Lalu menjadi perwakilan kota Yogyakarta ke propinsi cabang Atletik karena meraih 3 penghargaan sekaligus yaitu Juara 1 Sprint Gawang, Juara 2 lempar turbo, Juara 2 lompat katak, dan di hari itu juga Nadia menjadi juara 1 Lomba Bercerita tingkat Kota Yogyakarta, suatu prestasi yang membanggakan. Berawal dari menjuarai lomba bercerita di tingkat Kota Yogyakarta, Nadia terus menjuarai Lomba Bercerita antar SD/MI di tingkat DIY sampai akhirnya menjadi juara 1 di tingkat Nasional.