Berita

WAHANA PRAKTIK BAIK PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Kamis, 04 Agustus 2016 12:52:32   Rofi Rokhman Fadhilah   INFORMASI PENDIDIKAN   222

Situs WAPIKDIKBUD dengan alamat https://wapikdikbud.com merupakan suatu media interaktif berbasis internet yang memuat kumpulan praktik baik dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah lanjutan atas.  WAPIKDIKBUD juga dimaksudkan untuk membantu proses percepatan reformasi pendidikan dan meningkatkan sistem pendidikan agar lebih efektif. Di samping itu, WAPIKDIKBUD mempromosikan jaringan kerja di antara para inisiator dan pengguna praktik baik yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Hasil yang diharapkan dari adalah terciptanya suatu komunitas praktik baik dalam sektor pendidikan dan kebudayaan yang dapat saling belajar, mendorong dan memberi  inspirasi melalui berbagi pengalaman praktik baik yang dapat diadaptasikan sesuai dengan situasi dan kondisi setempat.

Praktik baik dapat berupa praktik pembelajaran yang efektif dengan menggunakan metode atau media pembelajaran, praktik manajemen sekolah, hasil penelitian, praktik pengabdian kepada masyarakat, pelibatan masyarakat dalam pendidikan dan kebudayaan, yang memiliki dampak positif dalam peningkatan akses, kualitas, relevansi, dan efisiensi sehingga menghasilkan keluaran yang baik.

Praktik baik yang dimuat dalam WAPIKDUKBUD merupakan praktik baik yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

1) pengalaman terbaik yang sudah dilaksanakan;

2) memiliki dampak positif dalam rangka meningkatkan akses, kualitas, relevansi atau  dan efisiensi pendidikan;

3) mempertimbangkan keanekaragaman dan kapasitas daerah di Indonesia;

4) mudah dilaksanakan, biaya terjangkau, dan berkelanjutan.

 

Lingkup Wapik ini meliputi:

  1. Ruang Siswa

siswa menampung aspirasi, kreasi, dan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik, dalam bentuk tulisan, foto dan atau video.

  1. Artikel

Ruang ini menampung tulisan ilmiah populer baik dari hasil penelitian, kajian, maupun pemikiran bagi para praktisi, pemerhati, dan ahli di bidang pendidikan dan kebudayaan.

  1. Berita Kebudayaan

Ruang ini berisi berita dan informasi kebudayaan yang bersumber dari berbagai media dalam dan luar negeri.

  1. Berita Pendidikan

Ruang ini berisi berita dan informasi pendidikan yang bersumber dari berbagai media dalam dan luar negeri.

  1. Inspirasi Tokoh

Ruang ini dikhususkan bagi tokoh pendidikan dan kebudayaan yang pemikirannya dapat memberikan inspirasi bagi kemajuan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

  1. Inovasi Pembelajaran

Ruang ini menampung hasil pengembangan dan temuan baru di bidang pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas pada lingkup pendidikan prasekolah, sekolah, dan pendidikan masyarakat.

  1. Pengelolaan Daerah

Ruang ini menampung informasi mengenai kebijakan dan program unggulan pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan.

  1. Pengelolaan Sekolah

Ruang ini menampung informasi mengenai kebijakan dan program unggulan sekolah.

  1. Pelibatan Orangtua dan Publik

Ruang ini meliputi informasi tentang pelibatan orangtua dalam proses pendidikan di sekolah dan peran serta masyarakat termasuk dunia usaha.