Berita

SISWA SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA MERAIH MEDALI EMAS DALAM LPSN 2016

Senin, 03 Oktober 2016 09:45:19   Darmawan Tiyang Jogja   PRESTASI   173

Dua siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta yaitu Laksita Kirana Candraditya Anindyanari dan Addien Mutiara Agma berhasil meraih medali emas dalam Lomba Penelitian Siswa Nasional atau LPSN 2016 yang dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 25 sampai 29 September 2016. Mereka mengusung penelitian yang diberi judul “Tekiplas Inovasi Baru Plester Obat Luka Sayat Herbal dari Umbi Rumput Teki” dengan pembimbing Guru IPA, yaitu Arief Ichwantoro, S.Pd.

Dalam penelitian tersebut, mereka mengubah sifat negatif rumput teki (Cyperus rotundus L.) yaitu gulma menjadi sesuatu yang berguna dengan cara membuat obat luka sayat herbal dari umbi rumput teki.  Keefektivan ekstrak umbi rumput teki ini diujicobakan kepada mencit kecil, mencit besar, dan kelinci. Dari uji coba ini terlihat bahwa ekstrak umbi teki dapat digunakan sebagai obat luka sayat, hanya membutuhkan waktu 1 hari untuk menghentikan pendarahan dan penutupan luka, sedangkan untuk penyembuhannya tergantung seberapa panjang dan lebar lukanya serta stamina badan penderita.

Hasil produk penelitian mereka adalah obat luka sayat dalam kemasan botol 10 ml yang disebut “Tekine” dan obat luka sayat dalam kemasan plester yang disebut “Tekiplast”. Mudah-mudahan keberhasilan ini memotivasi siswa-siswa lainnya untuk mencoba melakukan penelitian ilmiah dan ikut dalam ajang lomba. Selamat buat Laksita dan Mutia, selamat buat SMP Negeri 1 Yogyakarta.