Berita

Lomba 17-an ala Kampung Sains Karangkajen

Jum'at, 18 Agustus 2017 12:40:32   Arsidi, M.IP   UMUM   182

Membuat Water Rocket

Yogyakarta 18 Agustus 2017. Dinas Pendidikan.
Krangkajen yang berpredikat sebagai kampung sains sesuai surat penunjukkan dari Dinas Pendidikan Kota Yogyajarta tg 7 Juli 2017, mulai menunjukkan eksistensinya sebagai kampung sains dengan menyelenggarakan lomba membuat water rocket dalam acara memeperingati HUT Kemerdekaan RI Tahun 2017.

Kegiatam lomba dimulai sejak pagi dibuka oleh Ketua RW 11 kampung Karangkajen, Keluragan Brontilokusiman, Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta. Peserta yang mengikuti lomba sebanyak  34 orang dibagi per kelompok masing-masing 2 orang.

Bertindak selaku instruktur dan  juri adalah Bapak Mohammad Ghozali dari Balai Dikmen Kabupaten Sleman.
Semua roket berhasil meluncur, sehingga semua peserta mendapat hadiah dari RW. Total roket yg meluncur 25 an roket.
Peserta sangat antusias mengkikuti lomba, dan langsung merencanakan untuk melakukan lomba roket tahap 2, dg cakupan peserta yang  lebih luas.

Menanggapi inisistif warga tersebut, Dedi Budiono Kepala Bidang PNF Paud Kota Yogyakarta mengatakan bahwa hal tersebut merupakan event yang sangat-sangat positif dapat meningkatkan indeks literasi  saint masyarakat Jogja yang telah mengusung sebagai Smart City. Dedi juga menjelaskan bahwa Kampung sains karangkajen ke depan akan didorong agar bisa tumbuh sebagai destinasi wisata sains di Kota Yogyakarta. Selain roket air, di Kampung Sains karangkajen juga akan dilengkapi dengan berbagai wahana edukasi sains yang berbasis rumah tinggal warga seperti hand on sains, kitchen sains, robotik, dan simple sains lainnya yang bisa menjadi dasar-dasar penumbuhan kecintaan anak dan remaja terhadap sains. Dedi berharap dengan adanya respon positif dari warga maka akan dapat memepercepat proses terwujudnya Kampung Sains Karangkajen sebagai salah satu destinasi wisata inovatif yang hadir di Kota Yogyakarta.