Berita

GURU SMA N 5 YOGYAKARTA JUARA OSN GURU TINGKAT NASIONAL

Senin, 31 Oktober 2016 12:53:04   Rofi Rokhman Fadhilah   PRESTASI   174

Ririn Wahyu Priyanti, S.Sos, M.Pd. 

Peningkatan guru sebagai tenaga profesional perlu terus diupayakan dengan terus melakukan pengembangan keprofesionalanya sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai upaya untuk mengembangkan profesionalitas guru dalam melaksanakan tugas, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan menyelenggarakan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tingkat Nasional Tahun 2016.

Peningkatan profesionalitas dan kompetisi guru menjadi salah satu ranah kebijakan pendidikan . Kebijakan ini dibuat sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) pendidik di Indonesia agar mampu bersaing di era global. Untuk itu perlu diselenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan memotivasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mendorong peserta didikk berpikir tingkat tinggi.

Pelaksanaan seleksi OGN tingkat Nasional dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 17 – 20 Oktober 2016. Dengan beberapa tahapan pelaksanaan yang berlapis, para peserta harus berjuang keras melewati segala macam tahapan. Hari pertama, peserta harus menyelesaikan tes secara online dengan jumlah soal 100 dalam waktu 120 menit dengan menyelesaikan materi tentang pedagogic dan profesional. Pada hari kedua, peserta harus menyelesaikan soal dengan metode anlisis dan diskusi. Sedangkan hari ketiga, peserta melaksanakan presentasi dan wawancara didepan juri. Dan akhirnya hari keempat pengumuman pemenang. Hasil OGN Tingkat Nasional Tahun ini, Kota Yogyakarta meraih medali perak pada mata pelajaran Sosiologi, yang diwakili oleh Ririn Wahyu Priyanti, S.Sos, M.Pd. Guru Sosiologi SMA Negeri 5 Yogyakarta. Yang sebelumnya harus mengikuti seleksi OGN tingkat Propinsi. Keberhasilan yang diperoleh tak lepas atas kerja keras dan dukungan semua pihak yang terkait, termasuk Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang mengawal sampai dengan pelaksanaan.